Menganalisis permasalahan sistem komunikasi VoIP (TLJ)

 

Apa Itu VoIP Dan Bagaimana Teknologi Telepon Internet Ini Bekerja?

Permasalahan Sistem Komunikasi VOIP

Pengertian VOIP
            Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung.Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dandikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.
             Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC  atau telepon biasa.Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global.Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%.Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindahdan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).
Prinsip kerja VOIP
             Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
Beberapa Contoh Software VOIP
Saat ini sangat banyak sekali aplikasi atau software-sotware yang dapat digunakan atau menjalankan VOIP diantaranya :
software yang sejenis dengan xlite :
  • Skype 
             Skype adalah software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya Lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna – pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam feature yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon selular.Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype, pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi.
  • Netmeeting 
      Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft yang merupakan salah satu aplikasi yang mendukung VoIP dan juga Video Conference. Aplikasi ini menggunakan protocol H.323 untuk Video dan Audio Conference. Sama dengan aplikasi lainnya tetap memerlukan registrasi untuk mendapatkan user id dan password, agar bisa berkomunikasi dengan para pengguna netmeeting lainnya. Aplikasi ini sudah include didalam system windows 95 sampai windows XP.
  • X-lite 
    X-Lite adalah sebuah aplikasi open source pendukung VoIP yang menggunakan teknologi SIP (Session Initiation Protocol). X-Lite di kembangkan pertama sekali oleh Counter Path  ada 2 release yang telah dikeluar kan untuk aplikasi ini yang mempunyai perbedaan feature. X-Lite 2.0 digunakan untuk Macintosh dan Linux yang menggunakan X-Pro code base dan X-Lite 3.0 untuk windows yang menggunakan eveBeam code base. X-lite 2.0 hanya untuk suara saja sedangkan X-Lite 3.0 sudah memiliki feature suara, video dan instant messaging atau media untuk chatting.
  • Yahoo Messenger 
              Aplikasi ini sama secara garis besar memliki konsep atau cara kerja yang mirip dengan Skype ,namun  yahoo messenger kurang digemari yang dikarenakan menurut beberapa sumber yang penulis temukan kurangnya kualitas suara yang dihasilkan dibandingkan dengan Skype.
  • ooVoo 
    ooVoo merupakan aplikasi mengagumkan yang sering digunakan untuk melakukan video call, bahkan untuk melakukan video call group juga bisa. Aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk Windows, tetapi juga untuk Mac dan mudah diakses di iPhone bahkan Ponsel Android. 
     Sekarang, ooVoo adalah salah satu dari aplikasi video call gratis yang memiliki lebih dari 35 juta pengguna dan memiliki basis penggemar yang sangat besar. Di ooVoo, kita bisa video chat dengan 12 orang yang berbeda pada saat bersamaan, juga dapat digunakan merekam seluruh video chat.
Contoh tampilan ooVoo :
Screenshot_1
  • Google Hangouts 
    Google Hangouts adalah layanan video chat gratis dari Google yang memungkinkan face to face chatting dan chatting kelompok dengan 10 orang sekaligus.Kedengaranya agak mirip dengan Skype, dan Facebook Video Chat, tetapi Google Hangouts lebih berfokus pada “face-to-face” interaksi kelompok  video chatting, dan menggunakan teknologi canggih.
Screenshot_2
  • iVisit 
              iVisit memungkinkan anda untuk berbicara tatap muka dengan teman, keluarga dan rekan dari mana saja – gratis. iVisit adalah software atau aplikasi lain yang sangat berguna untuk melakukan panggilan video dua arah. Fitur terbaik dari iVisit termasuk video dan audio chatting, dan juga kita dapat berbagi dokumen saat panggilan dan juga kita dapat melihat desktop orang lain dengan siapa kita melakukan panggilan video call. iVisit bekerja pada Peer to Peer  teknologi jaringan. Inimerupakanperangkatlunakpanggilan video unik yang sangat berguna untuk organisasi anda, karena dapat digunakan untuk melakukan video konferensidengansampai 8 user. iVisit bekerja pada semua komputer PC / laptop dan juga pada semua jenis perangkat mobil.Screenshot_3
  • Ekiga 
      Ekiga ( sebelumnya dikenal sebagai Gnome Meeting ) adalah aplikasi VoIP dan video conference untuk GNOME , dan juga berjalan pada Windows . Ekiga menggunakan  H.323 dan SIP protocol, dengan dukungan  audio dan video codec , dan dapat dioperasikan dengan software SIP – compliant dan juga dengan Microsoft NetMeeting . 
     Mudah digunakan dalam video call dengan kualitas Graphical User Interface yang bagus.Ekiga memungkinkan panggilan video call ketelepon rumah dan ponsel juga.Fitu rmenakjubkan Ekiga adalah bahwa hal itu memungkin kan untuk dapat melakukan Call Holding , Call Transfering dan Call Forwarding. Dari beberapa software penunjang VOIP tersebut diatas tidak terlepas dari kualiatas atau besar nya bandwith yang dimiliki untuk mendapatkan kuliatas suara yang baik.
Software yang sejenis dengan Axon:
  • Asterisk 
             Asterisk adalah aplikasi open source PBX (Private Branche eXchange) yang memungkinkan    komunikasi antar pengguna telepon regular maupun telepon berbasis sip (sip phones). Dalam sebuah PBX setiap telepon umumnya di konfigurasi sebagai sebuah ekstensi, namun menggunakan fitur yang disediakan Asterisk, setiap ekstensi tidak harus terkait dengan pesawat dengan lokasi fisik tertentu. Dengan demikian pengguna dapat memiliki ekstensi atau pesawat dimana saja di permukaan bumi asalkan tersambung ke internet, dan selama ia memiliki data yang terkonfigurasi baik di salah satu server tersambung internet. 
              Seperti sebuah sistem PBX regular, Asterisk memiliki fitur seperti: Voicemail, conferencing, call distribution dan banyak lainnya. Lebih dari itu ia dapat dikonfigurasi dan di kustomisasi sesuai dengan dial plan yang diinginkan. Berkat fleksibilitas dan open source, relatif mudah digabungkan dengan banyak aplikasi seperti CRM (SugarCRM) dan lainnya.
  • Trixbox 
      Trixbox adalah sebuah distribusi server yang telah mengintegrasikan paket aplikasi Asterisk termasuk pre-konfigurasi yang memudahkan instalasi server untuk sebuah solusi IP-PBX yang diinginkan. Trixbox tersedia dalam dua edisi yaitu: sebuah free open-source community edition (CE) dan sebuah hybrid-hosted commercial edition. Trixbox CE dikembangkan sejak 2004 dan mulanya bernamaAsterisk@Home. 
    Sebagai sebuah platform aplikasi telephony ia cepat naik daun dan telah menjadi salah satu solusi telepon yang sangat popular. Trixbox CE menyediakan solusi dengan alat bantu open source telephony terbaik termasuk trixbox dashboard yang bermanfaat untuk mengkonfigurasi dan mengelola sebuah sistem IP-PBX menggunakan antarmuka web yang efisien termasuk untuk Apache, MySQL dan PHP. 
     Kecuali paket utama Asterisk, Trixbox yang menggunakan distroCentOS sebagai basis, juga telah mengintegrasikan aplikasi FreePBX 2.3 dan Web MeetMe 3. Trixbox dapat dikonfigurasi untuk menangani sistem PBX mulai dari saluran tunggal (single home line) sampai dengan beberapa saluran kaliber T1 untuk sebuah call center skla besar.
Port yang digunakan VoIP
          Voice over Internet Protocol (VoIP) melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. jaringan IP adalah jaringan komunikasi data yang berbasis packet switch. Trafik VoIP dibagi menjadi dua bagian transmisi jaringanya itu transmisi untuk signaling dan untuk RTP (Realtime Transfer Protocol). Protokol yang digunakan untuk signaling selalu berbasis TCP (Transfer Control Protocol) sedang untuk RTP yang digunakan adalah protocol berbasis UDP (User Datagram Protocol). Signaling dilakukan diantara port TCP yang sudah umum diketahui, misalkan untuk H323 menggunakan port 1720, SIP (session Initiation Protocol) menggunakan port 5060, IAX (Inter Asterisk Exchange) menggunakan port 4569.
Permasalahan – permasalahan yang terjadi :
  1.  ID yang dibuat di server tidak dapat dipakai di client.
  2. Video call bisa berjalan tetapi suaranya tidak terdengar ataupun putus – putus 
  3. Konfigurasi benar tetapi audio mati (tidak terdengar)
Solusi Pemecahan masalah :
  1. lihat pada domain pada menu SIP acount  setting pastikan itu adalah ip komputer  yang dijadikan server karena digunakan sebagai gateway
  2. pengaturan perangkat yang salah pada menu Option sesuaikan settingan sesuai dengan perangkat yang digunakan
  3. cek konektor kabel atau perangkatnya apakah bermasalah jika iya maka diganti dengan perangkat yang baik. 
Keunggulan dari VoIP adalah:
  1. Biaya yang murah karena penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung oleh internet sehingga biaya percakapan menjadi sangat rendah. Biaya lebih rendah untuk sambungan jarak jauh.
  2. Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
  3. Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya technologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Tehnik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
  4. Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.
  5. Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Gaharu Sejahtera.
  6. Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telephone biasa, IP phone handset
Kekurangan dari VoIP antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Kualitas suara tidak sejernih telepon biasa. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingjaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita lebar / broadband, maka kualitas suara akan jernih dan tidak putus -putus.
  1. Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP, kecuali jika menggunakan Broadband.
  1. (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai menurun.
  1. Berpotensi menyebabkan terhambat/stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Perlunya pengaturan bandwidth agar jaringan diperusahaan tidak menjadi penuh akibat pemakaian VoIP.
  1. Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kerancuan dalam sisitem penomoran.
Kesimpulan
          VoIP dengan segala fasilitasnya dapat dijadikan salah satu alternatif dalam usaha pemenuhan kebutuhan dalam jasa komunikasi. Bukan mustahil, teknologi ini akan menjadi salah satu sara telekomunikasi di masa depan. Tentunya dengan beberapa pengembangan dari teknologi yang telah ada. Namun diharapkan adanya suatu pengembangan kembali dalam penggunaan peralatan teknologi VoIP. Karena harga yang dibutuhkan dalam penggunaan teknologi ini relatif mahal, terutama dalam hal pengadaan peralatan teknologi VoIP tersebut

Popular posts from this blog

Setting IP Address di Ubuntu Server Dengan Metode DHCP Client

PEMBAHASAN UKK 2024

Setting Konfigurasi IP Address dan sharing Data LAN dengan PC Windows